Selasa, 08 Oktober 2013

Wirausahawan Sukses? Why not?




Kewirausahaan (Inggris: Entrepreneurship) adalah proses mengidentifikasi, mengembangkaan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian. Dalam menjalankan suatu bisnis, seseorang dituntut untuk harus berkembang agar orang tersebut bisa bertahan lama dalam menjalankan bisnisnya. Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi wirausahawan sukses
1.         Buatlah Mimpi yang Sederhana
Bermimpilah untuk menjadi pengusaha sukses. Bayangkan anda adalah seorang pemimpin perusahaan yang memiliki banyak bawahan. Bayangkan dari mana uang itu berasal dan bayangkan bisnis apa yang bisa membuat anda sukses. Bayangkan secara jelas dan sedetail mungkin. Biarkan mimpi dan khayalan anda merefleksikan pola pilir anda untuk menjadi pengusaha sukses karena semua kesuksesan berawal dari mimpi.
Jadi, janganlah takut untuk bermimpi ataupun berkhayal meskipun mimpi anda terkadang kelihatan dangkal dimata orang lain ataupun teman dekat anda.Biarkan mimpi dangkal tersebut merasuki pikiran anda karena visi dan misi dalam berbisnis bisa berubah seiring dengan kualitas individu yag tumbuh dan semakin berpengalaman

2.         Komit Untuk Memulai
Tidak begitu penting bagaimana cara anda memulainya ketika anda benar benar bersedia melakukannya. Yang terpenting adalah komitmen anda sendiri untuk benar benar memulainya. Janganlah menipu diri anda sendiri dengan alasan – alasan mengapa anda tidak melakukannya dan menipu diri anda sendiri bahwa anda akan segera melakukannya.        

3.         Bersikap Disiplin dan Jujur
Dalam melaksanakan kegiatannya, seorang wirausahawan harus memiliki kedisiplinan yang tinggi. Sifat sering menunda pekerjaan dengan berbagai macam alasan adalah kendala yang sering menghambat seorang wirausahawan untuk meraih keberhasilan. Selain sifat kedisiplinan yang tinggi, seorang wirausahawan juga harus memiliki kejujuran yang tinggi. Seorang wirausahawan harus jujur mengenai karakteristik produk (barang dan jasa) yang ditawarkan, kejujuran mengenai promosi yang dilakukan, kejujuran mengenai pelayanan purnajual yang dijanjikan dan kejujuran mengenai segala kegiatan yang terkait dengan penjualan produk yang dilakukan olehwirausahawan.

4.         Bersikap Mandiri dan Realistis
Seorang wirausahawan dituntut untuk mandiri tanpa ketergantungan terhadap orang lain. Kemandirian merupakan sifat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Pada prinsipnya seorang wirausahawan harus memiliki sikap mandiri dalam memenuhi kegiatan usahanya.
Selain harus mandiri, seorang wirausahawan juga harus berfikir realistis. Banyak seorang calon wirausahawan yang berpotensi tinggi, namun pada akhirnya mengalami kegagalan hanya karena wirausahawan tersebut tidak realistis, obyektif dan rasional dalam pengambilan keputusan bisnisnya. Karena itu dibutuhkan kecerdasan dalam melakukan seleksi terhadap masukan-masukan/ sumbang saran yang ada keterkaitan erat dengan tingkat keberhasilan usaha yang sedang dirintis.

5.         Berinvestasi dengan Keringat bukan dengan Pendidikan
Setiap tahun ribuan orang membayar mahal untuk masuk ke sekolah bisnis. Sebagian besar dari mereka berharap agar setelah mereka lulus nanti bisa menjadi wirausahawan. Anda tidak perlu memiliki latar belakang sekolah bisnis atau belajar bisnis, karena kuliah bisnis hanya mengajarkan kepada anda apa yang berhasil di masa lalu. Tentu saja, mereka memberikan pemahaman seputar bisnis, seperti hal – hal yang berkaitan dengan keuangan. Namun pada akhirnya, kuliah bisnis hanya mengajarkan anda  apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang seharusnya tidak dilakukan.
Jika anda telah menghabiskan waktu bertahun – tahun di sekolah bisnis, tak mengapa, rayakanlah dan terapkan apa yang selama ini anda pelajari mengenai bagaimana menjalankan bisnis dengan benar untuk memastikan bahwa anda tidak terjatuh lagi seperti kesalahan – kesalahan yang dilakukan wirausahawan di masa lalu. Jika anda tidak pernah masuk sekolah bisnis, rayakanlah karena keterbukaan pikiran anda memungkinkan anda untuk mengajukan pertanyaan bodoh yang tidak akan pernah berani dtanyakan oleh orang lain dan hal itu bisa saja menjadi titik awal keberhasilan anda.

6.         Mengejar Hasrat bukan Rupiah
Milikilah hasrat dan anda akan menghasilkan uang. Hanya ingin mendapatkan uang maka anda tidak akan mendapatkan apa – apa. Ini adalah hal yang sangat sederhana namun patut untuk anda pahami. Seorang wirausahawan sejati mendapati bahwa jika mereka memiliki hasrat dan berhasil mengkomunikasikannya kepada pelanggan, maka uang akan mengalir dengan sendirinya. Orang yang berbisnis hanya untuk mendapatkan uang bukanlah seorang wirausahawan sejati. Ingatlah bahwa keserakahan tidak serupa dengan hasrat.

7.         Inovasi (Buatlah Sesuatu Yang Baru atau Lanjutkan Yang Lama)
Jenis bisnis apa yang ada dipikiran anda ketika anda mendengar kata wirausahawan? Ada pandangan bahwa anda hanya bisa menjadi seorang wirausahawan jika mampu melakukan sesuatu yang inovatif, menghebohkan, sama sekali berbeda, bahwa anda harus memunculkan gagasan yang sangat unik sehingga orang lain akan menepuk dahi mereka sendiri  karena tak akan terpikirkan di benak mereka. Tetapi, ini hanya minoritas yang sangat kecil dari seluruh populasi wirausahawan. Bahkan, terkadang ide ide yang terlalu radikal sering kali gagal karena pelanggan, pemasok, dan investor kemungkinan terlalu bingung dan kaget dengan ide tersebut.
Daripada menciptakan sesuatu yang sama sekali baru, sebagian wirausahawan hanya Sekedar memodifikasi apa yang sudah adaatau menawarkan versi mereka sendiri dari hal tersebut. Dalam membangun bisnis, anda harus melakukan sesuatu yang sedikit berbeda namun lebih baik daripada orang lain.

8.         Bersedia untuk Menikmati Kesalahan
Beberapa wirausahawan sukses pernah berkata bahwa anda tidak bisa disebut wirausahawan sejati sebelum anda merasakan kegagalan usaha. Yang pada intinya anda harus bersedia melakukan kesalahan. Mencoba cara kerja baru dan mempelajari apa yang membuatnya tidak berhasil. Wirausahawan sering melakukan kesalahan namun memiliki determinasi yang kuat untuk melanjutkannya kembali. Pada dasarnya semuanya sangat sederhana. Bersiaplah untuk melakukan kesalahan – banyak kesalahan.

9.         Kembangkan Bisnis Anda
Dalam melakukan bisnis, anda tidak mempunyai banyak piliha selain terus, terus, dan terus berkembang. Jika anda ingin  berhasil dan memiliki masa depan jangka panjang dalam melakukan bisnis, anda harus memutuskan untuk tumbuh baik secara ukuran maupun tumbuh secara professional.

10.       Nikmati Bisnis Anda dengan Orang yang Terlibat Didalamnya
Sebagai seorang wirausahawan sejati yang telah sukses, anda harus bisa menjalin komunikasi dengan bawahan anda. Anda harus dekat dengan mereka agar bisnis anda dapat berjalan dengan lancer karena kedekatan emosi anda dengan bawahan anda. Anda harus dapat memotivasi, mendukung atau bahkan siap menjadi pendengar bagi karyawan anda. Nikmatilah bisnis anda dengan membangun kedekatan emosi dengan karyawan anda.

Sumber:  
3.         http://sekolahumarusman.com/144/
4.         http://arganata.blog.perbanas.ac.id/category/artikel-pengantar-bisnis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar